Tentang GIPI

Berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan Pasal 50 1. GIPI berasaskan Pancasila. 2. Sesuai dengan UU Nomor 10 tahun 2009, dalam melaksanakan kegiatannya GIPI memegang teguh asas-asas sebagai berikut:

A.Kejujuran dan keadilan
B.Manfaat
C.Keserasian
D.Keseimbangan
E.Kemandirian
F.Keterbukaan
G.Kemitraan
H.Keamanan dan keselamatan demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Visi :

Membangun dan Mengembangkan Pariwisata Untuk Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Misi :

Menjembatani komunikasi pemerintah dan industri pariwisata dalam rangka menghasilkan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Mempersatukan seluruh organisasi kepariwisataan di Indonesia.
Mengusulkan kebijakan-kebijakan untuk peningkatan/pengembangan kepariwisataan nasional baik secara akademis maupun profesional.
Menjadi think-tank pariwisata Indonesia.
Mengembangkan pariwisata nusantara.
Mengembangkan SDM pariwisata Indonesia yang berkualitas dan memenuhi standar kempetensi kerja di bidang pariwisata.
Mengembangkan destinasi dan usaha pariwisata.
Mendorong pertumbuhan iklim usaha dan ekonomi pariwisata secara kreatif.
Mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara melalui kebijakan pemasaran yang efektif dan efisien.
Mengimplementasikan Kode Etik Pariwisata Internasional.

2016 Copyright GIPI